Senin, 20 Oktober 2014

Airspace

Komponen yang paling dekat dengan ATC adalah Airspace atau ruang udara. sebagaimana orang yang bekerja, pasti mempunyai ruang kerja, meja kerja, pekerjaan itu sendiri dan wilayah kerja atau tugas pokok dan tanggung jawab. selayaknya pekerja profesional lainnya ATC juga mempunyai meja kerja yang disebut desk control, ruang kerja (ada TOWER, Ruang APP/ACC), pekerjaannya adalah memandu peswat itu sendiri, dan wilayah kerjanya adalah ruang udara.
controlled airspace yaitu, ruang udara yang mendapat pelayanan ATC berupa instruksi, informasi, clearance sedangkan Uncontrolled airspace tidak mendapat layanan ATC, tetapi layanan komunikasi penerbangan yang hanya berupa informasi saja.
Controlled airspace secara umum di bagi menjadi 3

1. Aerodrome Control : merupakan ruang udara yang adaa di sekitar bandar udara yang menjadi wilayah kerja dan wewwenang ATC di unit Aerodrome Control Tower (ADC)

2. Control Zone (CTR)  / Terminal Area (TMA) : merupakan area dimana pesawat terbang di wilayah udara setelah bandar udara sebelum dia mencapai ketinggian jelajah yang akan di tempuhnya atau wilayah yang akan dilewati sesaat sebelum memasuki wilayah bandar udara sebelum ia mendarat.

3. Control Area (CTA) : merupakan wilayah udara yang luas yang ketinggiannya mencapai 40000 kaki diatas permukaan laut. di wilayah ini lah pesawat mencapai ketinggian jelajah dan terbang menuju arah yang telah di tentukan dengan melewati jalur yang telah ditetapkan. jalur penerbangan tersebut bernama ATS Route

sedangkan ada beberapa Uncontrolled Airspace antara lain:

1. Aerodrome Flight Information Service (AFIS) : merupakan wilayah bandar udara, tetapi bandara tersebut belum active control atau dengan kata lain, badar udara tersebut belum mendeklarasikan bahwa dirinya memberikan pelayanan ATC service terutama Aerodrome Control Service yang di berikan Aerodrome Control Tower (dengan kata lain, bandara tersebut tidak memiliki tower)

2. Flight Information Region (FIR) : wilayah udara yang bukan termasuk di dalam control zone dan juga control area.  di Indonesia terdapat 2 FIR yaitu FIR Jakarta dan FIR Ujung pandang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar